kehidupan sosial - 27 October 2009 - the secret of me

Login form

Section categories

PELAJARAN SEKOLAH [14]
...contoh2 makalah, dan materi2 sekolah...
INFO [15]
berbagai macam info, baik entertaiment, gadgets, dan apa aja yang lagi in..
PENCARIAN JATIDIRI KU [63]
..curhatan, yang lebay2 ada di mari..
DOWNLOAD.. [4]
download anu gratisssan ada di mari cing...
IKLAN YANG MAU CARI UANG DI INTERNET [2]
di sini banyak iklan yang memungkinkan kamu belajar bisnis di internet

Search

Calendar

«  October 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Our poll

Rate my site
Total of answers: 74

Statistics


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Thursday, 2016-12-08, 7:05 AM
Welcome Guest
Main | Registration | Login
My site
Main » 2009 » October » 27 » kehidupan sosial
2:21 PM
kehidupan sosial

KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA

 

  1. Interaksi Sosial dan Proses Sosial

 

  1. Pengertian Interaksi Sosial

 

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan dinamis yang menyangkut hubungan antara individu dan individu, individu dan kelompok, atau antara kelompok dan kelompok dalam bentuk kerja sama, persaingan ataupun pertikaian.

Interaksi sosial merupakan hubungan yang tertata dalam bentuk tindakan-tindakan yang berdasarkan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Apabila interaksi itu berdasarkan pada tindakan yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, maka hubungan tersebut akan berjalan lancer. Namun, jika interaksi sosial yang di lakukan bukan berdasarkan nilai dan norma yang berlaku, maka kecil kemungkinan hubungan tersebut berjalan lancar.

Misalnya jika kita bersikap sopan terhadap orang lain, maka orang lainpun akan menghargai kita dan hubungan sosial berjalan dengan lancar. Sebaliknya jika kita berbuat tidak sopan terhadap orang lain, maka orang itu pun akan marah atau tidak menyukai kita sehingga hubungan berjalan tidak lancar.

 

  1. Terbentuknya Interaksi Sosial

 

Interaksi sosial terbentuk oleh faktor-faktor tindakan sosial, kontak sosial, dan komunikasi sosial.

 

    1. Tindakan Sosial

 

Tindakan sosial adalah tindakan seorang individu yang dapat memengaruhi individu lainnya dalam masyarakat. Orang yang melakukan tindakan tindakan sosial dalam bertidak selalu memperhitungkan  keberadaan individu lain dalam masyarakat. Tindakan sosial merupakan kenyataan sosial yang paling mendasar dan menyangkut komponen-komponen dasarnya yaitu tujuan, alat, kondisi, nilai dan norma sosial.

Ditinjau dari cara dan tujuannya, tindakan sosial di bedakan menjadi empat macam :

1)      Tindakan rasional instrumental, yaitu tindakan yang di lakukan dengan memperhitungkan kesesuaian antara cara dan tujuan. Dalam hal ini pelaku memperhitungkan efisiensi dari sejumlah pilihan tindakan. Misalnya tindakan memilih program atau jurusan di SMA.

2)      Tindakan rasional berorientasi nilai, yaitu tindakan-tindakan yang di lakukan berkaitan dengan nilai-nilai dasar dalam masyarakat, sehingga pelaku tidak lagi mempermasalahkan tujuan dan tindakan, yang menjadi persoalan dan perhitungan pelaku hanyalah tentang cara. Misalnya tindakan yang di dasarkan pada keyakinan/kepercayaan tertentu.

3)      Tindakan tradisional, adalah tindakan yang tidak memperhitungkan pertimbangan  rasional dan dilaksanakan atas pertimbangan kebiasaan atau adat istiadat. Hal yang membedakan tindakan tindakan tradisional dan tindakan rasional berorientasi nilai adalah masalah makna dari tindakan yang dilakukan. Pada tindakan tradisional maknanya tidak di permasalahkan karena hanya sekedar meneruskan kebiasaan secara turun temurun, sedangkan pada tindakan rasional berorientasi nilai maknanya jelas dan di junjung tinggi sebagai bentuk tujuan kehidupan secara lahir dan batin.

4)      Tindakan afektif, adalah tindakan yang di lakukan seseorang maupun kelompok orang berdasarkan perasaan ( afeksi ) atau emosi. Misalnya tindakan seorang ibu yang segera menggendong anak balitanya yang menangis, tindakan seorang remaja yang sedang jatuh cinta, dan sebagainya.

 

    1. Kontak Sosial

 

Kontak sosial adalah aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi si pelaku dan si penerima membalas aksi itu dengan reaksi.

Kontak langsung dapat di bedakan menjadi beberapa macam :

1)            Kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terjadi secara fisik, misalnya saling berjabatan tangan, saling tersenyum, saling memandang, dan sebagainya. Adapun kontak tidak langsung dilakukan melalui media tertentu, misalnya bertelepon, mengirim surat atau sms, dan lain-lain.

2)            Kontak antar individu, antara kelompok serta antara individu dengan kelompok. Kontak antar individu terjadi antara dua orang yang saling bercakap-cakap ataupun saling bertengkar. Kontak antar kelompok dapat terjadi melalui pertandingan olahraga antar kelompok sepak bola, adapun kontak antara individu dengan kelompok dapat berupa Guru sedang mengajar muridnya di kelas, penyanyi  sedang menghibur penonton di arena pertunjukan, dan sebagainya.

3)            Kontak Positif dan Negatif. Kontak positif merupakan kontak sosial yang mengarahkan pada kerja sama, misalnya, pedagang yang sedang melayani pembeli dalam transaksi jual beli. Adapun kontak negative merupakan kontak sosial yang mengarah pada terjadinya konflik atau pertentangan, misalnya, pertengkaran antara dua orang, peperangan antar Negara, dan sebagainya.

4)            Kontak primer dan sekunder. Kontak primer terjadi apabila orang yang mengadakan hubungan langsung bertatap muka. Misalnya berjabat tangan, saling melempar senyuman, saling memukul saling berkejaran. Adapun kontak sekunder terjadi melalui perantara atau media tertentu, misalnya bertelepon, berkirim surat, chatting lewat internet, dan sebagainya.

    1. Komunikasi Sosial

 

Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin communicare yang berarti berhubungan. Pengertian komunikasi secara harfiah adalah berhubungan atau bergaul dengan orang lain. Proses komunikasi sosial terjadi saat berlangsung kontak sosial. Orang yang menyampaikan komunikasi disebut komunikator, sedangkan yang menerima komunikasi disebut komunikan. Suatu proses komunikasi dikatakan komunikatif, apabila pesan yang di sampaikan dip roses secara berdayaguna dan berhasilguna. Berhasil guna artinya pesan yang si dampaikan jelas maksud dan tujuannya. Berdaya guna mengandung arti pesan yang disampaikan secara praktis, efisien, rasional dan mudah di mengerti.

 

  1. Kaitan Antara Interaksi Sosial dan Proses Sosial

 

Di dalam kehidupan ini terjadi hubungan saling timbal balik antara segi kehidupan yang satu dengan yang lainya. Misalnya, segi kehidupan ekonomi berpengaruh terhadap segi kehidupan pendidikan dan berpengaruh pula terhadap segi kehidupan politik, dan seterusnya. Pengaruh timbale balik antara berbagai segi kehidupan bersama di sebut proses sosial. Proses sosial terwujud melalui aktifitas manusia dalam berbagai segi kehidupan. Keadaan inilah yang akhirnya membentuk jalinan interaksi antara individu dengan individu maupun antara kelompok dengan kelompok yang ada di dalam kehidupan sosial. Dalam proses sosial inilah interaksi sosial berpern penting. Karena interaksi sosial memegang kunci keberhasilan proses sosial.  

Category: PELAJARAN SEKOLAH | Views: 1014 | Added by: denizEuntreupSieup | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:

Copyright MyCorp © 2016 |